SoundCloud

Posted by : Unknown 4 Nov 2013


Angel Beats!


" hal yang paling ditakuti manusia menurut survey adalah bicara di depan umum "

Assalamu'alaikum

Sehubung ane kelas 9 SMP (iye, masih muda), makin banyak nih tugas presentasi maupun pidato. Nah ane sudah merasakan yang namanya berbicara didepan umum walau tak seberapa. Gimana rasa paniknya, rasa gregetnya, rasa geroginya dan lain-lain. Karena itulah, ane terpikir untuk membuat post tentang tips tips bicara didepan umum :v silahkan disimak 

1. You have the RIGHT'S
     Maksudnya disini tuh bukan kamu yang paling benar, bukan. Disini maksudnya kamu yang punya hak untuk bicara di depan. Sekali lagi kamu yang punya hak. Jadi para Audience atau penonton tidak punya hak untuk memotong pembicaraanmu. Semua mata akan tertuju padamu. Ini memang hakmu untuk berbicara dan didengarkan. Jadi tak usah khawatir dengan mereka yang menyorakimu. Nikmati saja, Toh, ini hak saya, ya to ?

2. Mulai dengan ice breaking
     Nah, biasanya saat bertemu dengan orang, First impression sangatlah penting. Maka dari itu penampilan awal kita jangan dibuat tegang. Mari kita cairkan suasana dengan omongan kita. Yang paling mudah adalah dengan cara salam dua kali. " Assalamualaikum " yang pertama dengan pelan, yang kedua dengan keras dan bersemangat , " Assalamualaikum !! ". Bisa juga dengan cara melawak sedikit, misal ; katakan pada para penonton "Sudah follow twitter saya ?" kemudian berikan penegasan "Yang bukan followers saya silahkan keluar !". Kalau sudah begini suasana pasti cair (atau semua keluar :v)

3. Berbicara lah dengan lantang, dan runtut
     Berbicara dengan lantang, itu sudah merupakan saran yang lumrah. Namun sering dilupakan oleh kita. Lantang sih iya, namun jangan terlalu cepat dalam membaca. Kemudian bicaralah secara runtut. Mulai dari perkenalan dan seterusnya. Gunakan metode tumpuk jika merasa bingung. Metode ini bisa dibayangkan dalam otak dengan cara mengganti apa yang akan kita omongkan dengan suatu barang atau orang. Contoh ane akan bilang "wawasan yang luas" yang tergambar dalam otak ane adalah einstein atau buku. Bila sudah terbiasa, ini akan sangat membantu.

4. Bila lupa, ingat " Sate Super "
     Sate super, jadi laper nih :v . bukaaan ! Sate laper disini itu : "saya teringat satu peristiwa". Jadi kalau kamu lupa mau bicara apa, katakan saja saya teringat satu peristiwa. Kemungkinan besar, kalimat kalimat baru akan mengalir dari situ. Kecuali kalo emang Blank out total alisa pingsan otaknya.

5. Tutup lah dengan spektakuler
     Biasanya sudah sampai akhir, para penonton akan bosan, jangan sampai itu terjadi. Tutuplah dengan perkataan yang akan diingat. Bisa dengan renungan atau lebih enak dengan Quote. Semisal "There is always a chance of success, if there isn't any i just have to make one".

    Walaupun dengan semua itu, belajar berbicara di depan layaknya belajar berenang. Sebanyak apapun buku yang kau baca. Sebanyak apapun kau melihat video orang berenang. Kalau tak menyentuh kolam secara langsung ya tak bisa. 

Semoga bermanfaat :D ( terimakasih untuk bapak ane atas inspirasi nya :D )

Wassalamu'alaikum

{ 5 komentar... read them below or Comment }

>
<

Our member

About me

How to see old Post

Youre the Reader number :

- Copyright © 2013 Unfinished Notes - DJogzs - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -